Available courses

Setiap jaman membawa gaya hidup dan tatanan kehidupan yang menyertainya. Era globalisasi dan teknologi telah memberikan dampak besar dalam kehidupan manusia. Akses informasi yang mudah. murah dan tak terbatas, memberikan dampak positif. Disisi lain, kemajuan teknologi informasi dan globalisasi telah membuka ruang paradigm, norma sosial dan tatanan masyarakat yang selama ini cenderung tertutup. Dunia hari ini disebut sebagai global village. Sederhananya, pemberlakukan sistem nilai tidak lagi dapat dijaga seperti dulu, pengaruh dan saling mempengaruhi telah berbaur dimanapun manusia berada. Akses informasi dan nilai membuka ruang alternative bagi manusia untuk memilih gaya hidupnya. Kondisi ini sangat mempengaruhi kepribadian keluarga.

PENDIDIKAN KARAKTER KRISTEN

              Martin LutherKing, Jr dalam pidatonya, menyerukan: “We must remember that intelligence is not enough. Intelligence plus character-that is the goal of true education.” (Martin Luther King, Jr. Speech at Morehouse College, 1948).  Menurut Jack Hayford, Christian character is the character lived out in the reverence for and respect for God, as opposed to simply honoring man. 


                    Pendidikan karakter menjadi isu pendidikan yang banyak mendapat perhatian dari praktisi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Kemunculan beragam studi, pemikiran dan hasil penelitian berkait dengan pendidikan karakter menunjukkan topik ini mendapatkan perhatian serius di tengah perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Fakta ini sekaligus menegaskan bahwa pendidikan karakter tidak saja perlu untuk dipikirkan tetapi menjadi tantangan baru berkait implementasinya ditengah perubahan sosial seiring kemajuan jaman. Disisi lain, marak dan meningkatnya peristiwa amoral pelajar: tawuran, seks bebas, aborsi, narkoba, menyontek, plagiarismbullying, konflik SARA dan beragam kasus kriminalitas pelajar menggaungkan degradasi moral sedang berlangsung di negeri ini. Pendidikan karakter diharapkan menjadi solusi yang membentengi peningkatan degradasi moral tersebut.